Kenalkan Inklusivitas, Ayo Kita Main Bersama!

10:45 PM

Menghargai keberagaman adalah sebuah upaya untuk mewujudkan lingkungan yang damai. Bisa menerima semua orang dengan semua keberagaman adalah penting adanya. Penanaman untuk penghargaan tentang keberagaman ini baik jika dilakukan sejak usia dini. 

Early Chilhood Center & Development Resource Center (ECCD RC) , lembaga non profit, yang bergerak di pelayanan anak usia dini yang terus berupaya untuk mengajak semua pihak, bersama sama mewujudkan dunia anak yang menghargai inklusifitas, hak anak, ramah lingkungan, adil gender dan kearifan lokal. ECCD RC tak pernah berhenti untuk ingin mengenalkan tentang inklusifitas ke anak, dan orang tua dan juga masyarakat umum. Semangat penghargaan terhadap inklusifitas harus selalu dijaga, dipupuk, sehingga terus tumbuh dan berkembang seiring dengan pengalaman hidup sehari hari. Sehingga nilai ini akan terus terbawa sampai kapanpun, dimanapun kita berada, untuk mewarnai lingkungan kita berada.

Pak broto sedang memperkenalkan teman teman dari DAC ke teman RC

kami sudah tidak sabar menunggu perform mereka...!


Bekerjasama dengan Deaf Art Community ( DAC), Divisi TMK mengadakan kegiatan bersama dengan tema “Ayo Kita Main Bersama”.  DAC adalah komunitas tempat berkumpulnya beragam kemampuan tuli ini, yang saat ini sedang memiliki program Konser Motivasi DAC Goes to School 2014. Mereka ingin member tahu kita bahwa merekapun ingin bermain bersama kita. Mereka pun memiliki kemampuan / bakat yang ingin ditunjukkan kepada teman lain, masyarakat umum yang dipandang memiliki pendengaran normal. Dari moment ini, diharapkan bisa membuka kembali wacana dan juga hati siapapun yang menyaksikan, bahwa kita memiliki teman teman yang memang berbeda, yang bisa memberi pesan kepada kita, mengingatkan kembali bahwa kita harus terus saling mengerti, menghargai, bagaimanapun kondisi kita dan teman kita. Harapannya semangat menumbuhkan motivasipun bisa tersebar kepada kita semua, bahwa siapapun  boleh memiliki mimpi.

teman teman DAC nge dance...

teman teman dari DAC mengajari kami bahasa isyarat

ini artinya "i love you", menyampaikan rasa senang bertemu dengan mereka



Dalam Konser Motivasi DAC goes to school ini, sebanyak kurang lebih 20 teman teman dari DAC menampilkan dance, Puisi Visual, bertempat di halaman depan ECCD RC, di Jl. D I Panjaitan no 70. Kami melihat mereka menari, dengan iringan beat box, kemudian kami menari bersama, dan teman teman dari DAC pun mengajarkan ke kami, beberapa bahasa isyarat, mulai dari huruf huruf, lalu bahasa isyarat apa yang bisa kami sampaikan jika kami ingin member tepuk tangan kepada mereka, lalu jika kami ingin menyampaikan “I love you” kepada mereka. Ke depan, harapannya kami pun bisa berkomunikasi jika nanti kami bertemu kembali, atau jika kami bertemu teman lain yang juga memiliki kebutuhan yang sama.

Semoga kita bisa menari bersama lagi ya teman teman DAC… semangat..!!

 

salam

widuri soekrisna





You Might Also Like

0 comments

Terhubung dengan Kami di Facebook

Galeri Kegiatan

Subscribe